Selamat Datang Di Blog Sederhana Yang Memuat tentang Segala Informasi Mengenai Perkembangan Teknologi Komunikasi | ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG 2015 | Y U L I O | 15711015

Latest News

ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG

Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No.26, Labuhan Ratu, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung Phone:(0721) 773847

Minggu, 24 April 2016

Perkembangan Teknologi Komunikasi Era Tulisan




SEJARAH PEREKEMBANGAN



KOMUNIKASI TULISAN



Era ini dimulai saat Bangsa Sumeria pertama kalinya menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi mereka. Saat itu,huruf yang mereka gunakan masih berupa symbol-simbol yang dikenal sebagai piktograf. Penyebutan huruf hufur piktograf ini menghasilkan suara yang beraneka ragam dan menjadikan Tulsan tersebut dapat membentuk sebuah kata,kalimat,dan bahasa yang mempunyai arti.



Selanjutnya penggunaan huruf-huruf untuk berkomunikasi ini diterapkan pula oleh Bangsa Mesir Kuno pada periode 2900SM, dengan menggunakan huruf huruf Hieroglif. Kemajuan yang lumayan signifikan terlihat pada periode ini dibandingan dengan tulisan Bangasa Sumeria. Huruf Hieroglif terdiri atas symbol symbol tentang suatu objek, dan yang sering kali terlihat ialah gambar binatang dengan menunjukkan suatu gerakan dan menimbulkan rasa dari si penulis, misalnya menunjukkan waktu dan prasaan gembira.
Untuk menulis huruf huru Hieroglif ,bangsa Mesir Kuno menggunakan media tanah liat.



Dilanjutkan pada tahun 105 Masehi, kali ini Bangsa cina yang mengembangkan media tulis untuk berkomunikasi. Cina menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat dari serat bamboo yang di haluskan,disaring,dan di cuci kemudian diratakan dan dikeringkan. Media ini juga memungkinkan Sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri tinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post