Selamat Datang Di Blog Sederhana Yang Memuat tentang Segala Informasi Mengenai Perkembangan Teknologi Komunikasi | ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG 2015 | Y U L I O | 15711015

Latest News

ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG

Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No.26, Labuhan Ratu, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung Phone:(0721) 773847

Selasa, 22 Maret 2016

Surat Kabar


SURAT KABAR

Sebelum berkembangnnya dunia pertelevisian dan majunya teknologi audio yang ada di radio, Koran menjadi satu satunya alat penyebar informasi untuk seluruh kalangan masyarakat di dunia. Dan dalam hal ini Koran menjadi salahs satu Surat Kabar yang ikut berkembangan di era yang sudah modern seperti sekarang. Hampir kurang lebih 200 tahun surat kabar menjadi salah satu media penyampai berita/informasi. Di Indonesia sendiri, surat kabar menjadi peran yang lumayan penting di tengah masyarakat hingga sekarang  baik dalam aspek kehidupan keterkaitannya sebagai media massa yang berpengaruh di masyarakat. Awal mencuatnya surat kabar di dunia ini dengan ditemukannya alat mesin cetak Johann Gutenberg yang langsung saja naik kepuncak penjualan alat canggih pada masa itu.
Surat kabar pertama kali diterbitkan di eropa pada abad ke-17.

Bicara tentang fungsi dari surat kabar itu sendiri, banyak ahli yang berpendapat tentang fungsi dari Surat Kabar. Seperti ungkapan dari Agee (et.al) *Surat kabar mempunyai fungsi yang bersifat kontemporer.yakni terdapat tiga fungsi utama dan fungsi skunder.*
Fungsi utama media adalah :
·         To Inform
Menginformasikan kepada pembaca secara objektif tentang apa yang terjadi dalam suatu komunitas,Negara,dan dunia
·         To Comment
Mengomentari berita yang disampaikan dan mengembangkannya dalam fokus berita.
·         To Provide
Menyediakan keperluan informasi bagi pembaca yang membutuhkan barang dan jasa melalui pemasangan iklan di media.
Fungsi Skunder media adalah :
·         Untuk kampanye proyek proyek yang bersifat kemasyarakatan, yang sangat dierlukan untuk membantu kondisi kondisi tertentu.
·         Memberikan hiburan kepada pembaca dengan kajian cerita komik, kartun dan cerita cerita khusus.
·         Melayani pembaca sebagai konselor yang ramah, menjadia gen informasi dan memperjuangkan hak.





Seperti halnya Radio dan TV, surat kabar juga mempunyai beberapa karakteristik  agar komunikator dapat memahami kelebihan dan kekurangan dari media ini :
·         Publisitas
Menurut Effendy (1981:98) ,publisitas adalah penyebaran pada public atau khalayak.
·         Periodesitas
Karakter berikut adalah pengaturan dari intensitas terbitnya sebuat surat kabar, bisa harian, mingguan, bahkan bulanan.
·         Universalitas
Merujuk pada isi dalam surat kabar tersebut, bersifat universal alias elastis untuk seluruh dunia dengan demikian isi surat kabar meliputi seluruh aspek kehidupan manusia.
·         Terdokumentasikan
Dari berabagai fakta yang disajikan surat kabar dalam bentuk berita atau artikel,dapat dipastikan ada beberapa diantaranya dianggap oleh pihak pihak tertentu penting untuk di arsipkan atau dibuat kliping.
·         Aktualis
Aktual, itu yang dibutuhkan oleh setiap media . Apalagi surat kabar yang notabennya tidak dapat didengar dan di lihat, hanya bisa di baca sehingga pembaca dapat lebih praktis membaca berita/informasi terkini yang disajikan dalam surat kabar.
Berbeda dengan Radio dan TV, surat kabar terutama menggunakan bahasa (kata kata) tercetak sebagai medium penyampai pesan. Akan tetapi berbeda dengan bahasa lisan yang digunakan media elektronik, bajasa lisan yang digunakan surat kabar memberikan peluang yang sangat besar (jeda demi jeda) kepada manusia untuk berinteraksi  dengan diri sendiri, berimajinasi,mengabstraksikan informasi apapun yang berasal dari surat kabar. Dialog dengan diri sendiri ini jelas membuat manusia lebih aktif. Dengan kata lain, isi surat kabar memberikan dorongan lebih besar kepada manusia untuk kreatif dibandingkan dengan isi radio ataupun TV. Jika tayangan tv adalah BAHAN JADI , isi surat akbar adalah bahan setengah jadi yang harus kita olah dan kunyah kunyah sebelum kita menelannya. Kita dapat menguraikan, menyimpulkan, menggeneralisasikan, atau meringkaskan informasi dalam surat kabar. Suatu analisis mendalam atas suatu peristiwa lebih coicok disajikan dalam surat akbar darpada lewat radio atau tv. Kedalaman ini memungkinkan karena wartawan surat kabar punya lebih banyak waktu untuk menggarap apa yang akan disajikan,meskipun ini berarti bahwa informasi surat kabar tidak seaktual informasi radio dan tv.
Kini dengan berkembangnnya teknologi, Surat kabar pun tidak hanya dapat dinikmati dengan cara kita membeli Koran atau hal lain sebagainya. Namun di era yang modern ini membuat kita dapat mengakses semuanya lewat media internet. Sudah banyak sekali surat kabar yang dipublikasikan lewat media online. Di Indonesia sendiri BARU saja merasakan kepraktisan tersebut beberapa tahun kebelakang ini. Bukan hanya itu, banyak pula brand brand Koran yang namanya sudah dikenal masyarakat kini juga membuka publikasi surat kabar lewat media online. Hal ini menandakan bahwa surat kabar tidak mati akan teknologi, meskipun menjadi media massa tertua di dunia, namun tetap mengikuti perkembangan zaman agar khalayak dapat menikmati/mengakses surat kabar dimanapun dan kapanpun.

DAFTAR PUSTAKA

MULYANA,DEDDY. KOMUNIKASI POPULER.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post