Selamat Datang Di Blog Sederhana Yang Memuat tentang Segala Informasi Mengenai Perkembangan Teknologi Komunikasi | ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG 2015 | Y U L I O | 15711015

Latest News

ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG

Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No.26, Labuhan Ratu, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung Phone:(0721) 773847

Minggu, 24 April 2016

Perkembangan Teknologi Komunikasi Era Interaktif



SEJARAH PEREKEMBANGAN



KOMUNIKASI INTERAKTIF



 


Teknologi satu ini dimulai pada tahun 1946 di Amerika Serikat. Ketika itu Universitas Pennsylvania mendisain ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) yang membuat 18.000 tabung hampa. ENIAC dikembangankan dan dibangun oleh Angkatan Darat Amerika Serikat untuk Laboratorium penelitian Amerika Serikat untuk menghitung tabel tembakan senjata.



Ditahun yang berbeda (1947) William Shockley,John Bardeen, dan Walter Brattain menemukan transistor yang dipergunakan dalam pesawat radio. Temuan ini pula kemudian digunakan dalam banyak rangkaian elektronika menggantikan tabung hampa, sehingga peralatan elektronika dapat berukuran jauh lebih kecil dari semula.
Dilanjutkan pada tahun 1957 Russia meluncurkan satelit angkasa luar pertama, SPUTNIK yang mengawali dimulainya era komunkasi satelit.

Dan jalan akhir dari perkembangan teknologi komunikasi adalah gabungan antara teknologi computer dan telekomunikasi, yaitu internet dan komunkasi dapat dilakukan secara interaktif yang membuat dunia seolah olah berjarak.



Hingga pada puncaknya, pada tahun 1990 dinyatakan sebagai tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu computer dengan computer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang dinamakan www (world wide web)
Dan di era modern seperti sekarang ini barulah ditemukannya media yang disebut sebagai “multi media”  yaitu perpaduan tiga teknologi utama yaitu telpon,computer,dan televise atau dalam istilah disebut pertemuan 2 C yaitu computer dan communication. Kemudian muncul istilah interactive multi media yang menjadikan zaman modern ini sebaga masa komunikasi interaktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post