Selamat Datang Di Blog Sederhana Yang Memuat tentang Segala Informasi Mengenai Perkembangan Teknologi Komunikasi | ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG 2015 | Y U L I O | 15711015

Latest News

ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG

Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No.26, Labuhan Ratu, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung Phone:(0721) 773847

Selasa, 22 Maret 2016

INTERNET


INTERNET
(INTERNATIONAL NETWORK)



1.1              Awal Mula Lahirnya Internet.
Pengetahuan, inilah yang mendasari lahirnya INTERNET di kalangan masyarakat dunia. Dan Mempermudah , itulah tujuan mutlak dilahirkannya INTERNET. Departement Of Defence Amerika Serikat Mencetuskan pertama kali nama ARPANET sebagai suatu proyek menyangkut lahirnya Internet yang dimulai pada sekitar tahun 60an. Departement tersebut membuat spesifikasi jaringan computer yang tahan banting sehingga jaringan ini harus tetap bias bekerja bila salah satu bagiannya hancur atau rusak. Awal mula proyek ini berjalan dikarnakan kekhawatiran Amerika Serikat akans erangan yang mungkin saja datang sehingga membuat komunikasi menjadi lumpuh. Lembaga ini juga meneliti dan mengembangkan kegiatan transfer data lebih efisien bagi penggunanya.

Awalnya, jaringan ini hanya untuk kegiatan militer yaitu pengembangan senjata nuklir, namun akhirnya internet berkembang ke bidang pendidikan yang dirasa penting untuk mempelajari dan mengembangkan jaringan tersebut. Dan barulab di tahun 1970, internet sudah bersifat semi komersil karna sudah banyak digunakan  lembaga lembaga pendidikan di Amerika Serikat dan berkembang hingga sekarang.
1.2              Perkembangan Internet
Berkembangnnya Zaman era sekarang, membuat kebutuhan manusia semakin meningkat. Apalagi kebutuhan internet? Sudah tidaka asing lagi jika kita melihat disekeliling kita yang hampir semua perkejaan berkaitan dengan jaringan internasional (International Network) satu ini. Bisa dikatakan  untuk sekarang fasilitas dari internet ini menjadi kebutuhan semi-primer, maka dari itu Perkembangan Internet itu sendiri haruslah berimbang dengan kebutuhan masyarakat penggunannya. Perkembangan internet dapat secara jelas kita lihat dengan bertambahnya pengguna internet yang semakin hari semakin bertambah banyak. Dunia maya ini memang sangat menarik dan fantastic untuk dipelajari semakin dalam karena menyediakan berbagai kemudahan yang belum kita bayangkan sebelumnya.



Salah satu contoh dalam mendapatkan bermacam-macam informasi dengan hanya mengandalkan panduan mesin pencari seperti Google dengan site sumber informasi berada. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran / pengetahuan informasi dan data secara ekstrim.
Kemajuan tersebut juga didukung atas penemuan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara,gambar,film,music ditampilkan dalam internet oleh Timothy Berners-Lee, ahli computer dari inggris pada tahun 1989.
Di bidang ekonomi, penggunaan internet ini telah membuat transaksi perdagangan menjadi semakin mudah. Dahulu untuk melakukan jual beli, hanya bias dilakukan dengan cara tatap muka , namun sekarang dapat dilakukan melalui internet. Penggunaan internet dalam transaksi perdagangan disebut dengan E-Commerce.
1.3              

              Akses Internet
Terdapat berbagai alternative baik berdasarkan media koneksi maupun harga koneksi mulai dari yang gratis hingga berbayar.
·         Menggunakan Layanan Warnet
Bisa dibilang inilah cara yang paling mudah untuk kita dapat mengakses internet dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Kita hanya membutuhkan beberapa rupiah untuk bisa mengakses internet. Dan perhitungan membayarnya pun tergantung lamanya kita menggunakan layanan ini. Semakin lama, maka semakin besar rupiah yang dikeluarkan.
·         Dial-Up
Dial UP dapat diartikan sebagai layanan sekali pakai yang memiliki system kerja yang sama seperti menelpon pada umumnya. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini, kita harus menghubungkan kepada penyedia layanan internet/ ISP (Internet Service Provider) terlebih dahulu dan jika sudah selesai berinternet kita dapat langsung menutupnya/memutuskan hubungan dengan ISP tersebut.
Koneksi Dial UP ini dapat kita temukan seperti dalam penggunaan TeklomNet Instant yang mengharuskan kita untuk mengisi nomor telpon tertentu yang akan kita hubungi sama seperti menelpon biasa untuk mendapatkan koneksi internet dari Teklomnet Instant tersebut.




·         Koneksi ADSL
ADSL (Asynchronous Digital Subscriber Line) Merupakan koneksi internet yang akan mengubah jalur telpon kita ke koneksi digital. Untuk menggunakan koneksi ini kita harus memiliki modem ADSL yang menjadi jalur masuk dari kabel telpon dan keluar menjadi kabel jaringan/LAN yang masuk kedalam computer.
Koneksi ADSL dapat kita peroleh dengan berlangganan terlebih dahulu pada salah satu ISP yang akan memberikan kita alamat IP (internet protocol)  Beserta pengaturannya yang menjadi syarat utama untuk menghubungkan dengan internet seperti yang dijelaskan pada pembahasan diatas.
Menggunakan koneksi ADSL dapat menjadi pilihan bagi kita yang sering menggunakan fasilitas internet. Hal ini disebabkan karna perhitungan akses internet menggunakan fasilitas ini jauh lebih murah disbanding menggunakan koneksi dial up dan juga kualitas koneksi yang lebih bagus dibanding dial up.
·         Koneksi Wi Fi/Hotspot
Hotspot telah dikenal sebagai jaringan internet gratis tanpa kabel/Wi Fi. Namun untuk dapat menggunakan layanan ini, Kita harus berada di daerah yang terdapat sumber akses hotspot tersebut. Biasanya terdapat pada lokasi-lokasi public seperti taman, perpustakaan,restoran,dan kampus.
Selain itu fasilitas ini juga dapat dinikmati jika computer sudah terdapat WLan yang pada umumnya menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g yang rata rata sudah disertakan dalam laptop keluaran baru. Jika menggunakan PC (Personal Computer) ,kita dapat menambahkan Wi Fi card.  Teknologi ini mampu memberikan akses dengan kecepatan hingga 11Mbps untuk IEEE 802.11b dab 54Mbps untuk IEEE 802.11g.






   Istilah Istilah Internet
Berikut adalah daftar istilah istilah yang sering digunakan didalam kegiatan berinternet yang merupakan pencapuran kata asli/inggris dengan bahasa Indonesia yang sering digunakan oleh para penjelajah dunia maya.
·         ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah jenis jaringan yang memisahkan upstream dan downsteream yang dapat berjalan pada kecepatan yang berbeda.Dalam hal ini, Downstream biasanya lebih tinggi dari upstreamnya.
·         Altavista termasuk salahs atu macam dari search engine yang berada di alamat www.altavista.com
·         Attachment adalah fasilitas untuk melampirkan atau menyertakan file . fasilitas ini sering digunakan di dalam email.
·         Backbone merupakan satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network yang memiliki jalur berkecepatan tinggi.
·         Banned merupakan istilah dalam chating maupun milis yang mana administrator atau moderator atau pihak pengatur dan pengelola melakukan blokir pada id tertentu karna dianggap berbahaya,mengganggu,merusak serta mengacaukan keadaan dalam kegiatan internet.
·         Banner adalah salah satu bagian dari situs yang biasanya berisi iklan
·         Bandwitdh merupakan besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Kecepatan bandwitdth ini bisa berubah setiap saat tergantung kondisi internet.
·         Blog Merupakan halaman internet yang berstatus sebagai situs pribadi.
·         Browsing adalah kegiatan menjelajah atau melihat isi dari halaman situs situs internet.
·         Browser Merupakan program aplikasi yang digunakan untuk Browsing. Program aplikasi iini bekerja dengan menterjemahkan HTML menjadi halaman internet yang siap dijelajahi.
·         Bps (Bit per Seconds) merupakan satuan kecepatan transfer internet yuang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu computer ke computer lain.
·         CC (Carbon Copy) adalah alamat lain yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat utama. Atau biasa disebut tembusan pada surat normal.
·         Chat Adalah salah satu fasilitas dalam jaringan internet yang memungkinkan interaksi dengan teks secara realtime.
·         Chating merupakan istilahh dari kegiatan chat.
·         Dial Up merupakan salah satu sambungan internet yang diharuskan dial/menghubungi terlebih dahulu sebelum menggunakan internet.
·         DSL (Digital Subscriber Line) adalah sebuah metode transfer data melalui saluran telpon regular.
·         Download merupakan istilah dari kegiatan mengambil file atau objek dari internet ke computer.
·         Downstream Dinyatakan dalam bentuk angka yang menjadi ukuran koneksi internet yang masuk ke computer.
·         E-mail (Electronic Mail) Merupakan fasilitas berkirim surat melalui internet.
·         Firewall merupakan benteng keamanan dalam internet yang berfungsi melindungi sebuah jaringan kecil terhadap jaringan internet yang luas.
·         FTP (File Transfer Protocol) adalah protocol internet yang berfungsi untuk pertukaran data antar computer dalam jaringan internet yang luas.
·         Gateaway merupakan istilah yang mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menterjemahkan atara dua protocol yang berbeda sehingga dapat menyediakan akses untuk menghubungkan ke system jaringan.
·         Host adalah computer yang menjadi server atau tempat diletakkannya isi sebuah website yang dinyalakan secara terus menerus tanpa henti sehingga isi atau alamat dari website yang ada di dalamnya bisa terus diakses.
·         HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa computer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman situs
·         HTTP (Hyper text transfer protocol) adalah kode yang dituliskan pada awal site. Yang ekbanyakan muncul secara otomatis di depan sebuah alamat website.
·         WWW (World Wide Web) Merupakan awal penamaanpada sebuah website dalam internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post